Taman Kupu-Kupu | Objek Wisata dan Edukasi

Halo Beautiies :)

Apa acaramu untuk mengisi weekend?
Kalau aku, weekend ini mengajak Acha jalan-jalan ke Taman Kupu-Kupu.




Taman Kupu-Kupu ini terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak taman kupu-kupu ini dari pusat kota Tabanan sebenarnya tidak begitu jauh, hanya 20 menit. Meskipun jaraknya sangat dekat dari rumahku, tapi ini pertama kali aku berkunjung kesini.

Mungkin terdengar lucu, tapi serius, kalau bukan karena Acha,yang saat ini sangat tertarik dengan kupu-kupu,  aku pasti nggak akan pernah kesini. Secara setiap dekat kupu-kupu aku akan merasa gatal dan bentol-bentol kecil disekitar tangan dan leher ahahahaa

Taman Kupu-Kupu ini cukup mudah ditemukan karena terletak dijalur utama Tabanan Penebel. Atau jika kalian kesulitan menemukannya bisa menggunakan Google Map.

Harga tiket masuk Taman Kupu-Kupu adalah untuk adalah Rp. 30.000 dan untuk anak-anak dibawah 6 tahun free entry yaaaa 😉 Khusus untuk tamu mancanegara harga tiketnya $3,5 atau sekitar Rp.45000 - Rp 50.000

Begitu melewati loket ticketing, kita akan langsung disambut oleh hamparan kebun yang rimbun, dimana-mana terlihat hijau. Untuk kamu yang memang menyukai tumbuhan dan binatang pasti akan sangat excited, karena udara didalam sangat sejuk dan “basah”.









FYI, disepanjang kebun itu ada selang kecil dibagian atas yang setiap beberapa menit akan menyemburkan air yang kata petugasnya disebut “sprinkle” yang bertujuan menjaga udara didalam kebun tetap sejuk dan basah.

Dimana-mana ada kupu-kupu, cuma sayangnya nggak keliatan difoto karena fotonya hanya pakai kamera handphone, jadi objek bergerak nggak keliatan, maafkan yah . Acha sangat excited begitu melihat banyak kupu-kupu. Untungnya ada bapak dan ibu mertua yang menemani Acha, karena jujur aja baru masuk sampai keluar, bulu kudukku tak berhenti berdiri, antara geli dan takut gatal. (untungnya sampai keluar i'm fine ahahahaa hanya fobia berlebihan)

Oya selain kupu-kupu, di Taman Kupu-Kupu Tabanan ini juga ada berbagai macam serangga dan juga kumbang lho, seperti belalang daun yang bentuk tubuh dan warnanya sama seperti daun, bahkan kamu nggak akan sadar kalau tanpa sengaja dia hinggap dibajumu.


Lalu ada belalang Kayu Biru yang bentuk tubuhnya menyerupai kulit kayu dan sangat detail, untung saja warnanya sedikit kontras jadi kamu akan menyadari keberadaannya.




Selain Belalang juga ada kumbang dan kalajengking, dan masih banyak serangga lainnya, every where, bahkan disetiap daun disekitar Taman Kupu-Kupu kalau kamu memperhatikan dengan seksama akan melihat mereka dimana-dimana iiiiiiii (geliiiii sendiri ngetiknya sambal membayangkan)





Disini kamu juga bisa melihat bagaimana kupu-kupu melakukan proses reproduksi ( dan aku termasuk beruntung, karena kemarin pertama kali melihat bagaimana kupu-kupu itu kawin hehee), bagaimana proses menjadi kepompong, dan kepompong menjadi kupu-kupu. Diruangan yang tak begitu luas dan ditutup dengan jaring ini, ada banyak sekali kepompong yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. 
Kupu-kupu yang sedang kawin

Ruangan khusus kepompong dan tempat kupu-kupu dikawinkan

Yang ini ada semacam kantong sepertinya tempat kupu-kupu bertelur karena banyak sekali kupu-kupu disekelilingnya

Kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong

Perhatikan kepompong disetiap penjepit itu

Salah satu jenis kupu-kupu raksasa "kupu-kupu barong" yang sudah langka

Ini juga termasuk jenis kupu-kupu yang sudah langka


Setelah puas mengelilingi Taman Kupu-Kupu Tabanan kamu bisa mengunjungi Museum Kupu-Kupu yang pasti kita lewati ketika akan keluar. Museum ini merupakan favoritku ahahahahaa karena disini nggak ada kupu-kupu hidup dan serangga yang membuat bergidik karena geli.










Ada banyak sekali jenis kupu-kupu, serangga, dan kumbang yang sudah diawetkan. Jadi sangat bagus untuk tempat rekreasi sekaligus edukasi, terutama yang punya anak atau adik.

Di Taman Kupu-Kupu Tabanan ini juga ada toko souvenirnya. Letaknya persis disebelah Museum Kupu-Kupu. Keluar dari Museum sebenarnya ada restonya juga, akan tetapi kurang dimaksimalkan untuk tamu, padahal tempatnya luas lho 


Hiasan kupu-kupu yang tersedia di toko souvenir Taman Kupu-Kupu Tabanan

Mainan magnet berbentuk kupu-kupu 





Nah itu tadi cerita singkatku menghabiskan weekend bersama Acha
Semoga bias menambah referensi untuk kamu yang lagi jalan-jalan di Bali khususnya Tabanan. 

Semoga bermanfaat and thank you for reading.
See you on my next post


Posting Komentar